image1 image2 image3

HELLO FREEDIVERS|WELCOME TO FREEDIVER INDONESIA|SHARING IS CARING|RESPECT EACH OTHER

Freediving Wetsuits


Wetsuit berfungsi layaknya kulit kedua bagi seorang freediver untuk menjaga suhu tubuh freediver agar tetap hangat dan tidak kedinginan ketika berada didalam air, selain itu fungsi lain wesuit untuk mencegah kontak kulit dengan panas terik matahari secara langsung, dan dapat menjaga kulit dari sengatan ubur-ubur.

Wetsuit Khusus untuk Freediving

Wetsuit yang digunakan untuk freediving harus spesifik dan sesuai dengan tujuan penggunaannya. Ukuran wetsuit freediving harus cocok dan pas dengan ukuran tubuh freediver. Biasanya wetsuit freediving tediri dari kombinasi antara sebuah celana long john dan jaket tanpa ritsleting untuk mengurangi masuknya air kedalam wetsuit. Bahan yang digunakan pada umumnya berbahan Yamamoto dengen tingkat fleksibilitas yang tinggi sehingga mempermudah mobilitas tubuh dan dapat memberikan kehangatan yang lebih maksimum. 

Wetsuit yang digunakan untuk scuba diving tidak cocok jika digunakan untuk freediving karena sirkulasi air yang dapat dengan mudah masuk kedalam wetsuit sehingga membuat suhu tubuh Anda menjadi dingin kecuali jika Anda banyak bergerak didalam air sehingga dapat menjaga tubuh agar tetap hangat. Tetapi saat Anda melakukan freediving, tentunya Anda akan mencoba untuk bergerak seminimal mungkin agar dapat menghemat oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh ketika Anda menyelam. Fleksibelitas merupakan faktor paling penting ketika memilih wetsuit freediving. Semakin sedikit gangguan pada gerakan Anda maka semakin bagus wetsuit tersebut.

Memilih Wetsuit freediving yang Ideal sesuai Kebutuhan

Wesuit Permukaan Licin atau Smooth-Skin
Wetsuit freediving ini ideal untuk kegiatan kompetisi freediving (atlet) dan latihan karena berbahan licin (smooth-skin) pada permukaan wetsuit, fleksibel dan memiliki daya kompresi yang minim ketika berada dikedalaman. Bahan smooth-skin yang dipakai pada bagian luar wetsuit dapat mengurangi hambatan air dan membantu Anda bergerak didalam air dengan mudah tanpa banyak berusaha melawan hambatan air (hydrodynamics). Kelebihan dari wetsuit berbahan smooth-skin adalah permukaan yang licin dan mengkilap sangat mengurngi hambatan air yang akan sangat terasa ketika Anda menyelam dalam (deep-dive). Kelemahan dari bahan ini adalah warna yang mudah pudar, sangat rapuh karena terpapar matahari  secara terus menerus dan mudah sobek jika tergores batu karang ataupun kuku saat memakainya. Jika Anda menggunakan wetsuit untuk kegiatan rekreasi seperti snorkeling sambil freediving, maka Anda tidak membutuhkan wetsuit smooth-skin melainkan memilih wetsuit berbahan nylon yang lebih tahan terhadap goresan dan tidak mudah robek.

Wetsuit Permukaan Nylon
Wetsuit freediving ini ideal untuk kegiatan pada umumnya seperti rekreasi, latihan dan mengajar karena berbahan nylon pada permukaan wetsuit, bahan dasar yang digunakan berbahan Yamamoto yang sangat fleksible dan tahan terhadap terik matahari serta lebih tahan terhadap goresan dan tidak mudah robek. 

Wetsuit Open-Cell
Wetsuit dengan bahan Open-Cell ini hanya digunakan pada sisi bagian dalam wesuit saja. Wetsuit freediving ini ideal untuk digunakan pada suhu air dingin karena bahan Open-Cell dalam wetsuit ini mirip dengan karet sehingga saat dipakai akan menempel pada kulit yang dapat mengurangi jumlah air yang menempel pada kulit sehingga memberi kehangatan yang lebih maksimum. Kelemahan dari bahan ini adalah sangat sulit dipakai dalam kondisi kering karena karet yang aangaat lengket terhadap kluit sehingga membutuhkan bantuan air, sabun atau oli yang di oleskan pada kulit, selain itu bahan ini juga mudah sobek jika terkena kuku, bahan ini akan menipis sesuai umur pemakaian karena bahan karet ini akan terkompresi.

Ketebalan Wetsuit
Wetsuit freediving yang biasa dijual dipasaran Eropa memiliki tipikal ketebalan antara 3.5mm hingga 7mm - makin tebal sebuah wetsuit makin hangat juga wetsuit tersebut, tetapi untuk ketebalan wetsuit 3.5mm hingga 7mm hanya berlaku untuk kondisi cuaca dingin atau suhu air yang dingin, untuk kondisi cuaca tropis cukup menggunakan wetsuit dengan ketebalan 1.5mm hingga 3mm saja. Ketika Anda memilih wetsuit, tidak hanya bahan dan ketebalan yang diperhitungkan, ada beberapa faktor yang harus diperhitungan termasuk, suhu air, suhu udara, angin, sensitivitas terhadap dingin dan aktivitas yang dilakukan ketika memakai wetsuit.

Ukuran Wetsuit
Sangat penting untuk selalu membaca size-chart atau ukuran karena setiap merek memiliki pengukuran yang berbeda pula terutama untuk semua wetsuit buatan Eropa yang menggunakan ukuran badan disana  pada umumnya ukurannya akan lebih besar dari ukuran Asia.

Custom Made Wetsuits
Dianjurkan untuk memilih wetsuit custom made jika tidak ada ukuran yang sesuai dan cocok. Dengan memilih custom Anda akan mendapatkan wetsuit yang cocok untuk ukuran tubuh Anda dengan sempurna. Anda dapat dengan bebas untuk menyesuaikan rincian spesifik seperti memilih wetsuit dengan lengan dalam posisi up - membentang, pencampuran ketebalan yang berbeda untuk bagian yang berbeda dan tentu saja memilih warna dan desain sesuai dengan keinginan Anda.

Contoh wetsuit yang tahan terhadap goresan batu karang berbahan nylon di permukaan dan open-cell pada bagana dalam

Wetsuit yang dipakai oleh William Trubridge untuk kompetisi berbahan smooth-skin di permukaan dan nylon pada bagana dalam, ini adalah wetsuit One-Piece.

Sumber : Freediving Wetsuits

Share this:

CONVERSATION

3 comments:

  1. ada referensi gak tempat membeli wetsuit freedive (online)

    thanks

    ReplyDelete
  2. Ada rekomendasi tempat membuat wetsuit custom di Jakarta?

    ReplyDelete